Read more: http://www.uzumaki-popey.com/2013/01/cara-membuat-blog-agar-tidak-bisa-di.html#ixzz2ZDurzl3q

Juni 03, 2013

ANIMASI TRADISIONAL


1.     APA  ITU  ANIMASI  TRADISIONAL???
Animasi tradisional (animasi sel atau animasi lukisan tangan) merupakan sejenis teknik animasiyang mana setiap pemidang dilukisdengan tangan. Teknik ini merupakan bentuk animasi yang paling laris digunakan untuk pawagam sehinggalah kebangkitan animasi komputer.
1.1.Yang merupakan contoh dari suatu animasi tradisional :  




     

1.2 Mengapa di sebut animasi tradisional :
Animasi tradisional juga sering disebut cel animation karena tehnik pengerjaannya dilakukan pada celluloid transparent yang sekilas mirip sekali dengan transparansi OHP yang sering kita gunakan. Disebut juga animasi tradisional karena teknik/model animasi inilah yang digunakan untuk pengembangan awal animasi di media layar kaca (TV) dan layar perak (bioskop). Pada pembuatan animasi tradisional, setiap tahap gerakan digambar satu persatu di atas cel.

2.   TIPE  ANIMASI  TRADISONAL:
Cel tipe-ini adalah semua tentang metode tradisional animasi dan satu set gambar hand-made. Dalam prosedur ini animasi, gambar banyak dibuat yang agak progresif di alam seperti itu kemudian akan menggambarkan beberapa tindakan. Dalam prosedur ini gambar dibuat pada lembar transparan, yang juga dikenal sebagai cel dan bekerja sebagai media untuk menggambar frame.
1.       Stop motion
       Stop motion disebutjuga frame-by-frame. Teknik animasi ni akan membuat objek seakan bergerak. Objek bisa bergerak karena mempunyai banyak frame yang dijalankan secara berurutan, caranya dengan merekam gambar obyek, kemudian obyekt ersebut dipindahkan atau diubah gesture nya dan dilakukan perekaman lagi, demikian seterusnya. 
                          


·           Claymation
Claymation dulunyadisebutdengan Clay Animation danmerupakansalahsatubentukdari stop motion animation. Nama Claymation merupakannama yang terdaftar di amerika yang didaftarkanoleh Will Vinton padatahun 1978. Setiapbagian yang di animasikan, baikitukarakteratau background merupakansuatubenda yang dapatdiubah-ubahbentuknya, misalnya wax atauplasticine Clay. 

·           Puppet animation
Dalam puppet animation, bonekaakanmenjadi actor utamanyasehinggaanimasijenisinimembutuhkanbanyakboneka. Animasijenisinidibuatdenganteknik frame by frame, yaitusetiapgerakanboneka di-capture satu per satudengankamera. 

2.       Cell animation 
Cell animation merupakananimasitertuadanmerupakanbentukanimasi yang paling popular.Kata celberasaldari kata “celluloid” yang merupakanmateri yang digunakanuntukmembuat film gambarbergerakpadatahun-tahunawalanimasi.Sekarang material film dibuatdariasetat (acetate).Biasanyadigambardenganmenggunakantangan (hand-drawn animation).Animasicelbiasanyamerupakanlembaran-lembaran yang membentukanimasitunggal.Masing-masingselmerupakanbagian yang terpisah, misalnyaantaraobyekdenganlatarbelakangnya, sehinggadapatsalingbergerakmandiri.Misalnyaseorang animator akanmembuatanimasi orang berjalan, makalangkahpertamadiaakanmenggambarlatarbelakang, kemudiankarakter yang akanberjalan di lembarberikutnya, padaakhirnyagambarakantampilbersamaan(sepertipadametode layer).
                                      


3.       Time-Lapse
Setiap frame akan di-capture dengankecepatan yang lebihrendahdaripadakecepatanketika frame dimainkan. Contohnya, gerakanbunga yang terlihatketikamekardanpergerakanmatahari yang terlihatdariterbitsampaitenggelam-nya 

4.       Cut-out animation
Teknikinidigunakanuntukmemproduksianimasimenggunakankarakter, property, dan background daripotongan material sepertikertas, karton, ataufoto, Saat  ini cut-out animation diproduksimenggunakankomputerdengangambardarihasilpemindaiataugrafik vector untukmenggantikanpotongan material yang digunakan. 


Teknik animasi:
Teknik animasi juga terdiri dari beberapa jenis, yaitu Cel animation, Computer Animation, Kinematics,dan Morphing (Vaughan, 2011, pp104-114).
  • Cel animation
    Cel animation merupakan teknik yang menggunakan serangkaian gambar untuk menciptakan efek animasi dengan mengubah gambar pada frame pada satu periode sehingga terjadi efek dimana gambar terlihat bergerak.
  • Computer animation
    Computer animation kurang lebih menggunakan prosedur dan logika yang sama seperti cel animation namun yang membedakan adalah efek animasi yang dibuat (generate) oleh komputer. Dengan kata lain dalam pembuatan animasi dilakukan oleh komputer. Animator hanya perlu memasukkan gambar-gambar yang diperlukan.
  • Kinematics
    Kinematics merupakan animasi yang mempelajari pergerakan pada objek yang mempunyai sendi, seperti membuat animasi binatang yang bergerak. Hal-hal yang perlu diperhatikan berupa posisi, rotasi dan kecepatan pergerakan.
  • Morphing
    Morphing merupakan efek manipulasi terhadap gambar sehingga terjadi perubahan dan dipresentasikan berupa efek animasi. Cara kerja morphing adalah dengan menentukan titik-titik pada gambar menggunakan software lalu melakukan manipulasi terhadap titik-titik tersebut sehingga terjadi perubahan pada gambar
    .

3.JENIS – JENIS  ANIMASI TRADISIONAL:


1.      Zoetrope
 Zoetrope adalah alat yang menghasilkan gambaran atau ilusi akibat pergerakan cepat pada gambar yang statis. Dalam bahasa Yunani, Zoetrope berarti aktif berputar atau roda kehidupan.

Zoetrope dasar diciptakan di China sekitar 180 Masehi oleh penemu Ting Huan produktif ( ). Terbuat dari kertas tembus atau panel mika, Huan tergantung perangkat di atas lampu. Udara berubah naik baling-baling di bagian atas dari yang tergantung gambar dilukis di panel akan muncul untuk bergerak jika perangkat berputar pada kecepatan yang tepat [5] [6] [7] [8].

Para zoetrope modern diproduksi pada tahun 1834 oleh William George Horner. Perangkat dasarnya adalah sebuah silinder dengan celah vertikal di sekitar sisi. Sekitar tepi bagian dalam dari silinder ada serangkaian gambar di sisi berlawanan dengan celah. Sebagai silinder diputar, pengguna kemudian terlihat melalui celah untuk melihat ilusi gerak. Zoetrope ini masih digunakan dalam program animasi untuk menggambarkan konsep awal animasi.

Gambar contoh animasi zootrope :


 
2.      Lentera ajaib
The Magic Latern (Lentera ajaib)  adalah sebuah awal dari pendahulu proyektor modern. Ini terdiri dari lukisan minyak tembus, lensa sederhana dan lilin atau lampu minyak. Dalam sebuah ruangan gelap, gambar akan muncul diproyeksikan ke permukaan datar yang berdekatan. Itu sering digunakan untuk memproyeksikan setan, gambar menakutkan untuk meyakinkan orang-orang bahwa mereka menyaksikan supranatural. Beberapa slide untuk lentera terkandung bagian yang bergerak yang membuat lentera ajaib contoh awal dikenal animasi diproyeksikan. Asal usul lentera sihir diperdebatkan, namun pada abad ke-15 Venesia penemu Giovanni Fontana menerbitkan sebuah ilustrasi dari sebuah perangkat yang memproyeksikan citra setan dalam bukunya Liber Instrumentorum. Yang paling awal dikenal lentera sihir yang sebenarnya biasanya dikreditkan ke Christiaan Huygen  satau Athanasius Kircher
     


3.      Thaumatrope (1824)
Sebuah thaumatrope adalah mainan sederhana yang digunakan dalam era Victoria. Thaumatrope adalah lingkaran disk kecil atau kartu dengan dua gambar yang berbeda di setiap sisi yang melekat pada seutas tali atau sepasang string berjalan melalui pusat. Ketika string berputar cepat di antara jari-jari, dua gambar muncul untuk menggabungkan ke dalam satu gambar. Thaumatrope ini menunjukkan fenomena Phi, kemampuan otak untuk terus-menerus melihat gambar. Penemuan Its sering dikreditkan ke Sir John Herschel , John A. Paris dipopulerkan penemuan ketika ia digunakan seseorang untuk menggambarkan fenomena Phip ada tahun 1824 ke Royal College of Physicians.


4.      Phenakistoscope(1831)
Sebuah disk phenakistoscope oleh Eadweard Muybridge (1893). Phenakistoscope adalah perangkat animasi awal, pendahulu dari zoetrope tersebut. Ini diciptakan pada tahun 1831 bersamaan dengan Belgia dan Joseph Plateau Simon von Stampfer Austria.

5.      Flip Book (1868)
             

Flip book pertama di dunia telah dipatenkan pada tahun 1868 oleh John Barnes Linnett sebagai kineograph tersebut. Sebuah buku flip hanya sebuah buku dengan halaman sangat kenyal yang memiliki serial animasi gambar dicetak di dekat tepi terikat. Bends penampil Sebuah halaman belakang dan kemudian dengan cepat melepaskan mereka satu per satu sehingga setiap gambar dilihat dari pandangan mata untuk sejenak mengungkapkan gambar berikutnya sesaat sebelum melakukan hal yang sama. Mereka beroperasi pada prinsip yang sama seperti phenakistoscope dan zoetrope apa dengan penggantian cepat gambar dengan orang lain, tetapi mereka menciptakan ilusi tanpa hal melayani sebagai shutter berkedip-kedip sebagai celah yang ada dalam perangkat sebelumnya. Mereka melakukannya karena fakta sederhana bahwa fisiologis mata bisa fokus pada objek lebih mudah dari pada diam yang bergerak. Buku sandal yang lebih sering dikutip sebagai inspirasi oleh pembuat film animasi awal dari perangkat dibahas sebelumnya yang tidak mencapai cukup luas penonton. Dalam perangkat animasi sebelumnya gambar yang diambil dalam lingkaran yang berarti diameter lingkaran fisik terbatas betapa banyak gambar cukup bisa ditampilkan. Sementara format buku masih membawa tentang sesuatu dari batas fisik dengan panjang animasi, batas ini jauh lebih lama dibandingkan perangkat bulat. Bahkan batas ini bisa dipatahkan dengan penemuan mutoscope pada 1894. Ini terdiri dari buku flip panjang sirkuler terikat dalam sebuah kotak dengan pegangan engkol untuk membolak-balik

6.      Praxinoscope (1877).
Para praxinoscope, ditemukan oleh ilmuwan Perancis Charles – Émile Reynaud, merupakan versi lebih canggih dari zoetrope tersebut. Ini digunakan mekanisme dasar yang sama strip gambar ditempatkan pada bagian dalam silinder berputar, tapi bukannya melihat melalui celah, itu dilihat dalam serangkaian kecil, cermin stasioner di sekitar bagian dalam silinder, sehingga animasi akan tinggal di tempat, dan memberikan gambar lebih jelas dan kualitas yang lebih baik. Reynaud juga mengembangkan versi yang lebih besar dari praxinoscope yang dapat diproyeksikan ke sebuah layar, yang disebut Optique Théâtre.

4.     CARA  KERJA  ANIMASI  TRADISONAL :

Cara kerja animasi tradisional menggunakan antara lain Papan cerita Rekaman suara, Animatik, Reka bentuk dan pemasaan, Susun atur, Animasi, Latar belakang, Lukis warna dan kamera, Lukis warna digital, Komputer dan kamera video digital.   
Cel animasi mengacu kembali ke cara Tradisional animasi dalam satu set gambar tangan. Dalam proses animasi, gambar banyak diciptakan yang sedikit berbeda tetapi progresif di alam, untuk menggambarkan tindakan-tindakan tertentu. Telusuri gambar pada lembar yang jelas. Lembar jelas adalah dikenal sebagai cel dan merupakan media untuk menggambar frame. Sekarang menggambar garis besar untuk foto-foto dan pewarnaan mereka pada kembali dari cel tersebut. Cel merupakan metode yang efektif yang membantu untuk menghemat banyak waktu dengan menggabungkan karakter dan latar belakang. Ini juga memungkinkan untuk menempatkan gambar-gambar sebelumnya di atas latar belakang lain atau cels setiap saat diperlukan. Di sini, Anda tidak perlu menggambar gambar yang identik lagi karena memiliki kemampuan menyimpan animasi sebelumnya yang dapat dimanfaatkan bila diperlukan. Mewarnai latar belakang mungkin tugas yang lebih sulit daripada satu gambar, karena mencakup seluruh gambar. Latar Belakang membutuhkan shading dan pencahayaan dan dapat dilihat untuk durasi yang lebih lama. Kemudian gunakan kamera digital Anda untuk memotret gambar-gambar ini. Sekarang, animasi cel dibuat ekstra menarik melalui penggunaan gambar-gambar bersama dengan musik, efek suara dan pencocokan asosiasi waktu untuk setiap efek. Misalnya Untuk menunjukkan ini kartun, 10-12 frame yang dimainkan dalam suksesi cepat per detik untuk menawarkan ilustrasi gerak dalam sebuah animasi cel.



5.       Kasus: Bandingkan cara kerja thaumatrope dan  zoetrope  dalam hal penciptaan animasi!

1.      Thaumatrope :
1. Terdiri dari lingkaran disk kecil atau kartu
2. dengan dua gambar yang berbeda di setiap sisi
3. disk/lingkaran kecil  melekat pada seutas tali atau sepasang string
4. berjalan melalui pusat.

Cara kerja :Ketika string/tali berputar cepat di antara jari-jari, dua gambar muncul untuk menggabungkan ke dalam satu gambar. Penglihatan mata yang dipakai agar animasi tradisonal ini bisa bergerak.

Gambar : Thaumatrope
                            



2.      Zoetrope
1.    perangkat berputar silinder dengan beberapa frame animasi dicetak sepanjang lingkar interior.
2.    Ada celah vertikal di sekitar sisi di mana pengamat dapat melihat gambar bergerak di sisi yang berlawanan ketika berputar silinder.

Cara kerja: mesin/perangkat  yang mampu menampilkan gambar animasi bergerak dengan cara menumbuk gambar-gambar tadi dalam sebuah roda. Ketika gambar diperlihatkan pada sebuah celah, gambar seolah-olah bergerak.
             

                       


Daftar Pustaka:
http://id.prmob.net/animasi/tradisional-animasi/kunci-bingkai-1445350.html
http://id.prmob.net/animasi/tradisional-animasi/animasi-komputer-2049391.html
http://blackexorcist.blogspot.com/2013/02/lirikterjemahan-nagi-yanagi-zoetrope.html
http://www.inspirasidigital.com/posting/mengenal-jenis-animasi.html.
http://ryandhikapunya.blogspot.com/2012/12/perkembangan-animasi-sebelum-perfilman.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar